Penganggaran : Anggaran sebagai Alat Politik


Assalamualaikum Warrakhmatullahi Wabarakatu



Anggaran Sebagai Alat Politik (Political tool)
  
Anggaran dapat digunakan untuk memutuskan prioritas dan kebutuhan keuangan terhadap prioritas tersebut. Pada sektor publik anggaran merupakan dokumen politik sebagai bentuk komitmen eksekutif dan kesepakatan legislatif atas penggunaan dana publik untuk kepentingan tertentu. Anggaran bukan sekedar masalah teknis tetapi lebih merupakan alat politik, karenanya pembuatan anggaran publik membutuhkan political skill, coalition building, keahlian negoisasi, pemahaman tentang prinsip manajemen keuangan publik oleh para manajer publik. Manajer publik harus sadar sepenuhnya bahwa kegagalan dalam melaksanakan anggaran yang telah disetujui akan menjatuhkan kepemimpinannya, atau paling tidak menurunkan kredibilitas pemerintah.
Apa sih maksud dari political skill, coalition holding, keahlian negoisasi?

1.      Political skill
Kemampuan untuk menguatkan kekuasaannya. Kekuasaan ini dikuatkan untuk kepentingan organisasi, kekuasaan itu membangun dengan syarat tanggung jawab, wewenang, dan kepemimpinan oleh karena itu hakikat political skill adalah mentransformasikan kepemiminan lewat pelaksanaan kemampuan dan tanggung jawab dari kewajiban seorang pemimpin.
2.      Coalition building.
Pemimpin visioner menyadari bahwa dalam rangka mencapai sasara dirinya, dia harus menciptakan hubungan yang harmonis baik ke dalam maupun ke luar organisasi. Dia aktif mencari peluang untuk bekerjasama dengan berbagai macam individu, departemen dan golongan tertentu.
3.      Keahlian Organisasi
Negosiasi terjadi ketika kepentingan kita berbenturan dengan kepentingan pihak lain, ketika ada konflik yang harus diselesaikan.Terlebih dalam dunia pekerjaan. Chester L Karras secara spesifik mengatakan : In business, you don’t get what you deserve, you get what you negotiate. Kalau kita ingin mendapatkan yang terbaik, maka kita perlu keahlian negosiasi yang juga baik.

Video :
Wassalamualaikum Warrakhmatullahi Wabarakatu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Cerita Rakyat - Baridin dan Ratminah

TEKS PIDATO LUCU MENARIK TEMA CINTA DURASI 10 MENIT

MAKALAH LENGKAP TENTANG KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI