Pendidikan Agama Islam - Masyarakat Islami

Assalamualaikum Warrakhmatullahi Wabarakatu


Masyarakat Islami


A.    Pengertian Masyarakat
Istilah masyarakat merupakan terjemahan dari kata society ( bahasa inggris ), sedangkan society berasal dari societas ( bahasa latin ) yang berarti kawan. Bila dihubungkan dengan bahasa arab berasal dari kata ( syaraka, yusyariku, musyarakah ) artinya saling bekerja sama dan berserikat, dari pengertian diatas masyarakat merupakan komunitas yang independen.
-          Masyarakat islami, yaitu suatu komunitas masyarakat yang menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari hari. Masyarakat islami adalah masyarakat yang ideal.
-          Masyarakat ideal
1)      Masyarakat yang memiliki akidah yang bersih ( akidah yang tidak tercemar dari nilai kesyirikan ) kepada Allah SWT.
2)      Masyarakat yang menegakan kebenaran atau keadilan dan mengajak pada kebaikan. ( iqmatul ‘adil wal amir bil ma’ruf )
3)      Masyarakat yang mencegah kemungkaran ( nahi mungkar )

B.     Tahapan terwujudnya masyarakat muslim
1.      Iman yang lurus
“Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mu'min, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.” ( Q.S Al- Maidah : 54 )


2.      Taqwa yang sebenar-benarnya
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰتِهٖ وَلَا تَمُوۡتُنَّ اِلَّا وَاَنۡـتُمۡ مُّسۡلِمُوۡنَ‏ ﴿۱۰۲
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” ( Q.S Ali-Imran : 102 )

3.      Islamisasi Kehidupan
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا ادۡخُلُوۡا فِى السِّلۡمِ کَآفَّة  وَلَا تَتَّبِعُوۡا خُطُوٰتِ الشَّيۡطٰنِ‌ؕ اِنَّهٗ لَـکُمۡ عَدُوٌّ مُّبِيۡنٌ‏ ﴿۲۰۸
"  Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” ( Q.S Al-Baqarah : 208 )

Direalisasikan pada :
a.       Pribadi Muslim
b.      Keluarga Muslim
c.       Masyarakat Muslim
d.      Umat Islam

C.     Karakteristik Ideal Umat Islam
1.      Berpegang teguh pada tali agama Allah SWT
2.      Tidak berpecah belah
3.      Kesatuan Hati
4.      Persaudaraan Islam

Video :

 
 Wassalamualaikum Warrakhmatullahi Wabarakatu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Cerita Rakyat - Baridin dan Ratminah

TEKS PIDATO LUCU MENARIK TEMA CINTA DURASI 10 MENIT

MAKALAH LENGKAP TENTANG KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI