Tips Masuk PKN STAN


Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakatu
Haloo semuanyaaa, bosen gasih ketemu ayni lagii, hehe mudah-mudahan ga bosen yaaa, atau jangan-jangan udah ada yang nungguin aynii lagi wkwk. Buat kalian yang udah nungguin ayni, penasaran kan minggu ini ayni mau nulis tentang apaa, ada yang bisa nebak ngga? Hehe
Okee, seperti yang kalian tau dan pernah ayni bahas di tulisan ayni yang sebelumnya, yang ini nihhh baca dulu yaa yang belum baca :
Aku sekarang sedang menempuh pendidikan di Politeknik Keuangan Negara STAN program studi D I KBN, dan tentu bukan dengan usaha kecil aku bisa jadi  bagian dari kampus Ali Wardhana ini. Oleh karena itu, pada tulisan ku kali ini aku akan membagi tips yang mungkin bisa berguna buat kalian para staners, hehe



1.      Minta doa restu orang tua

Eaaaa, hehe mungkin ada beberapa dari kalian yang ga sependapat sama aku, hehe gapapa kok. Kenapa ayni tulis doa restu orang tua di tips yang pertama, karena menurut ku, kalo kalian udah mati-matian belajar segimana pun, tapi kalo orang tua kalian ngga ridho, itu percuma ngga akan berhasil, atau mungkin emang ada yang berhasil, tapi itu hanyalah sementara hehe. Karena ridho Allah adalah ridho orang tua. Konsultasikan apa aja langkah yang kalian pengen ambil ke orang tua kalian, apapun itu. Tentunya kita selain orang tua kita yang berdoa, kita pun harus memohon dan berdoa sama Allah.
Menurut sepengalamanku, doa orang tua itu sangat berpengaruh dan mujarab bagi kita. Ini serius dehh, jujur kalo boleh di bilang ayni itu bukanlah orang yang pinter banget. Aku tuh biasa ajaa, masih banyak yang lebih dari aku, tapi alhamdulillah berkat doa dan restu dari mamah dan papah, aku bisa lolos dan menjadi bagian dari kampus Ali Wardhana ini.

2.      Usaha dengan maksimal

Ada yang bilang usaha tanpa doa itu sombong dan doa tanpa usaha itu sia-sia. Agar doa orang tua kalian dan kalian ngga sia-sia, maka kalian juga harus usaha dengan maksimal, apa aja sih usaha yang bisa kalian tempuh, pastinya adalah dengan belajar. Belajar yang efektif tuh kaya gimana sihh, sebenernya ini tergantung dari gaya belajar kalian masing-masing yaa, kalo ayni sendiri tipe belajar yang cocok adalah dengan diskusi sama temen dan ngerjain latihan soal-soal perlu diingat dalam belajar karena soal USM STAN itu bisa ditebak tipe-tipe soalnya, tapi pengalaman ayni kalian janganlah cepat puas apalagi ngga belajar lagii, hehe. Sebenernya ini adalah salah satu kelemahan ayni sihh hehe, jadi ayni tuh kalo udah ngerasa bisa sama soal tipe ituu, ya udahh ayni ga mau latihan soal jenis tipe itu lagii, percaya sama ayni itu jangan kalian lakuin yaa hehe cukup aku ajaa, kalo kalian udah ngerasa bisa sama tipe soal itu, tetep dipelajarin biar kalian bener-bener fasih karena kalian sendiri juga kan ga tau pas USM nanti soalnya kaya gimana.
Oh iyaa selain belajar sendiri dan sama temen, sekarang juga udah banyak nih bimbel-bimbel khusus untuk STAN, kalian bisa banget ikutin program dari bimbel ituu. Ayni juga kebetulan ikut salah satu bimbel STAN di Cirebon, ada yang tau ga ayni bimbel dimanaa? Hehe, ayni ikut di bimbel LBB BEST, kalo ada yang orang cirebon dan sekitarnya yang mau nanya-nanya boleh dehh wkwk. Bimble tentunya sangat membantu bagi kalian, disini kalian dapat lebih paham akan tipe-tipe soal, belum lagi kalian juga di kasih tau cara cepat dalam mengerjakan soal, kalo di bimbel ayni sendiri juga sering melakukan uji coba try out USM STAN maupun TKD, apalagi kalo udah deket hari-h setiap hari ayni TO dan sebagainya hehehe

3.      Fokus sama tujuan awal


Dalam kita meraih impian kita tentu saja banyak godaan dan tantangan, baik dari dalam diri kita maupun dari luar, seberapa banyak pun tantangan dan godaan itu, kita harus tetap fokus pada tujuan awal, jika kita tidak fokus tentu tujuan awal kita hanyalah menjadi sebuah impian.

Akan banyak sekali hal yang kalian hadapi, terutama bagi kalian kelas 12 yang ingin menghadapi UN, tentunya ini menjadi dilema tersendiri bagi kalian, banyak orang yang menganggap kalo masuk STAN itu nilai UN tidak berpengaruh, jadi mereka tidak fokus UN. Pernyataan itu memang benar, namun yang ayni ga setuju disini adalah ketika mereka ga fokus UN, menurut ayni kita harus tetap fokus keduanya, cara nya gimana dalam seminggu terdiri dari 7 hari, manfaatkanlah waktu tersebut sebaik-baiknya bisa dibagi antara UN dengan USM, misal fokus UN 4 hari, USM 3 hari ataupun sebaliknya. Karena apa, ayni cuman ngga mau kalian jadikan STAN sebagai alasan kalian dalam meraih nilai jelek pas UN.

Mungkin itu adalah tips-tips yang bisa ayni share untuk saat ini kepada kalian, semoga bisa bermanfaat, tunggu tulisan ayni selanjutnya yaa, makasih

Wassalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakatu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Cerita Rakyat - Baridin dan Ratminah

TEKS PIDATO LUCU MENARIK TEMA CINTA DURASI 10 MENIT

MAKALAH LENGKAP TENTANG KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI